Definisi PEAS
PEAS merupakan singkatan dari kata Performance measure, Environment, Actuators, Sensor. Ketika akan membuat suatu rancangan agent, kita harus mengidentifikasi lingkungan masalah atau yang biasa kita sebut dengan “Task Environment”.
1. Pertama ada Performance measure, berisi komponen-komponen yang akan menjadi tolak ukur keberhasilan agent.
2. Kedua ada Environment, berisi kondisi yang dapat mempengaruhi disekitar agent.
3. Ketiga ada Actuators, berisi kemampuan yang dapat agent itu lakukan.
4. Dan yang terakhir ada Sensors, berisi hal-hal apa saja yang dapat diinput agent.
2. Environment : Permukaan tembok yang di cat, cat tembok, operator (mandor).
3. Actuators : Bisa menggunakan sistem hidrolik, sistem pneumatik, motor DC, motor AC, motor stepper dan berbagai jenis penggerak lainnya.
4. Sensor : Kamera yang akan digunakan untuk mendeteksi batas-batas garis, keyboard yang akan digunakan untuk menginputkan tebal pengecatan berapa mm, batas-batas tinggi warna tertentu.
Contoh : Taksi Otomatis merupakan Sebuah agent taksi otomatis yang menerima penumpang dan mengantarkannya ke tujuan :
1. Performance measure: sampai tujuan, tidak melanggar aturan lalu lintas, perjalanan nyaman, hemat bensin
2. Environment: jalan, lalu lintas, pejalan kaki, pelanggan
3. Actuators: arah stir, gas, rem, klakson, sinyal kiri atau kanan
4. Sensors: video, speedometer, GPS, keyboard
Contoh diatas hanyalah merupakan salah satu contoh dari banyaknya contoh-contoh yang lain, seperti : Taksi Otomatis, Medical diagnosis system, Robot pabrik penjamin mutu, Interactive english tutor, dan lainnya.
Selanjutnya jenis-jenis yang ada pada Environment. Ada 6 buah jenis Environment, apa saja itu?
1. Fully observable (vs. partially observable)
2. Deterministic (vs. stochastic)
3. Episodic (vs. sequential)
4. Static (vs. dynamic)
5. Discrete (vs. continuous)
6. Single agent (vs. multiagent)
Selanjutnya jenis-jenis yang ada pada Environment. Ada 6 buah jenis Environment, apa saja itu?
2. Deterministic (vs. stochastic)
3. Episodic (vs. sequential)
4. Static (vs. dynamic)
5. Discrete (vs. continuous)
6. Single agent (vs. multiagent)
0 komentar:
Posting Komentar
Jangan lupa komentarnya yah...